Senin, 25 April 2016

Mati Dan Bangkit Bersama Kristus Roma 6:1-14

Mati Dan Bangkit Bersama Kristus
Roma  6:1-14

Hakikat orang percaya:
Mati bagi dosa
Hidup bagi Kristus
Pengajaran penting yang ditegaskan Rasul paulus.
1.       Ayat 1—3: Mati Bagi Dosa
-  anggapan yang salah bahwa orang percaya boleh berbuat dosa terus dan tetap aman dari hukuman karena kasih karunia Allah dalam Kristus.
-  Orang percaya: sudah berpindah dari alam dosa ke alam hidup
-  Karena orang percaya sejati telah memisahkan diri secara pasti dari dosa, mereka tidak akan terus hidup dalam dosa. Sebaliknya, jikalau orang berbuat dosa terus, mereka bukan orang percaya sejati (bd. 1Yoh 3:4-10).
-  APA ITU DOSA???
-  Dalam PB digunakan beberapa kata Yunani yang menunjukkan aspek DOSA.
o   Hamartia yang berarti "pelanggaran", "perbuatan salah", atau "berdosa kepada Allah" (Yoh 9:41).
o   Adikia yang artinya "kejahatan", "kelaliman" atau "ketidakadilan" (Rom 1:181Yoh 5:17). Kata ini dapat dilukiskan sebagai kekurangan kasih karena semua pelanggaran bersumber dari kegagalan untuk mengasihi (Mat 22:37-40Luk 10:27-37). _Adikia_ juga merupakan suatu kuasa pribadi yang dapat memperbudak dan menipu (Rom 5:12Ibr 3:13).
o   _Anomia_ yang artinya "kedurhakaan", "pelanggaran hukum", dan "menentang hukum Allah" (ayat Rom 6:191Yoh 3:4).
o   _Apistia_ yang artinya "ketidakpercayaan" atau "ketidaksetiaan" (Rom 3:3Ibr 3:12).
-  Dari definisi ini dapat disimpulkan bahwa hakikat dosa adalah sifat mementingkan diri, yaitu menginginkan hal-hal dan kesenangan untuk diri sendiri tanpa menghiraukan kesejahteraan orang lain atau perintah Allah.
2.       Ayat 4: Dikuburkan Bersama Yesus Oleh Baptisan
- baptisan melambangkan kematian dan kebangkitan orang percaya bersama dengan Kristus
- Baptisan berarti menyatukan diri dengan Kristus dalam kematian dan penguburan-Nya supaya kita dapat hidup dalam penyatuan dengan hidup kebangkitan-Nya (ayat Rom 6:4-5)
- Sebagaimana Kristus telah bangkit dari antara orang mati, demikian pula kita yang memiliki iman yang menyelamatkan yang sejati di dalam Dia akan hidup dalam hidup yang baru (ayat Rom 6:5).

3.       Ayat 6-7: Manusia lama telah disalibkan
1) "Manusia lama": istilah ini menunjuk kepada manusia yang belum diperbaharui, keadaan seseorang sebelumnya, kehidupan yang di dalam dosa. Manusia lama ini sudah disalibkan (yaitu, dimatikan) dengan Kristus di salib supaya orang percaya dapat menerima hidup baru dalam Kristus dan menjadi orang yang baru (bd. Gal 2:20).
2) "Tubuh dosa": istilah ini menunjuk kepada tubuh manusia yang dikuasai oleh keinginan-keinginan berdosa. Kini perbudakannya kepada dosa sudah dipatahkan (bd. 2Kor 5:17Ef 4:22Kol 3:9-10). Sejak saat ini, orang percaya tidak boleh membiarkan cara hidup yang lama menguasai hidup dan tubuh mereka lagi (2Kor 5:17Ef 4:22Kol 3:9-10).
-          Karena dosa sudah dikalahkan, saudara harus senantiasa menentang usahanya untuk berkuasa kembali. Karena dosa berusaha memerintah terutama melalui keinginan-keinginan tubuh, maka keinginan ini harus dilawan dengan iman kepada Kristus

4.       Ayat 11: Hidup bagi Allah
-          Hidup orang percaya bukan untuk melakukan kehendak dosa lagi
-          Orang percaya hidup untuk memuliakan Tuhan
-          Hidup orang percaya: untuk menyenangkan Tuhan, melayani Tuhan, taat akan kehendak Tuhan

-          Mencari kehendak Tuhan dalam hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar